Minggu, 10 Juli 2011

Green Teacher (Astatisal): Turunkan Suhu Bumi

Turunkan Suhu Bumi



Siangnya panas malamnya dingin, seperti kita semua ketahui suhu di bumi kini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan menurut United Nations World Meteorological Organization (UNWMO), lembaga khusus PBB yang bertugas untuk memantau cuaca dan iklim ini, melaporkan pada pekan lalu suhu terpanas di Bumi sempat mencapai 118,4 derajat Fahrenheit atau pada suhu 48 derajat Celsius. Memang suhu ini bukanlah suhu terpanas yang pernah tercatat di bumi, namun dengan naiknya suhu dibumi ini cukup mengkhawatirkan, tidak hanya bagi manusia saja melainkan seluruh makhluk hidup yang menempati bumi.

Suhu bumi tidak hanya meningkat, melainkan meningkat pada tingkat meningkat. Meningkatnya suhu bumi dipengaruhi oleh sejumlah faktor, sebagian disebabkan oleh faktor-faktor alami dan sebagian lagi disebabkan oleh beberapa aktivitas manusia itu sendiri. Sementara itu bagi kita sendiri ini merupakan sesuatu yang sangatlah menggangu kita untuk beraktivitas, terutama bagi kita yang melakukan aktivitas belajar mengajar dalam kehidupan sehari-hari.
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi ataupun menurunkan suhu bumi, terutama bagi kita yang beraktivitas dilingkungan sekolah. Misalnya saja dengan melestarikan pepohonan yang sudah ada dilingkungan sekolah. Keberadaan pepohonan berfungsi untuk menjaga keseimbangan pasokan air dan juga untuk menjaga kualitas udara, karena pohon dapat menyerap polutan udara seperti CO2 yang dapat mengurangi kadar GRK. Pohon adalah pabrik oksigen bagi makhluk hidup. Satu pohon besar saja dapat menyumbangkan oksigen untuk dua orang. Selain itu akar pohon juga berfungsi menyerap dan menyimpan air sehingga membantu kita terhindar dari banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau terutama musim kemarau yang akhir-akhir ini sering terjadi akibatnya suhu bumi yang sangat tinggi. Sementara pepohonan yang rindang juga dapat berfungsi sebagai AC alami karena dapat menurunkan suhu udara di sekitarnya.
Selain dengan cara melestarikan pepohonan yang ada di sekolah, masih terdapat beberapa cara lain yang dapat kita terapkan disekolah terutama pada siswa-siswi kita. Misalnya saja dengan cara melakukan perlombaan taman kelas. Secara tidak langsung perlombaan ini dapat membuat siswa sadar terhadap lingkungannya bahkan bisa membuat siswa-siswi untuk terjun langsung untuk menjaga lingkungannya. Dengan memiliki taman yang hijau dan asri, maka paling tidak kita telah mencegah meningkatnya panas bumi, karena baik tanaman maupun bunga-bungaan yang ada di taman tersebut dapat menyerap panasnya suhu yang ada.
Sementara itu disaat proses belajar mengajar, kita juga bisa melakukan proses belajar mengajar diluar ruangan. Seperti biasanya kita melakukan proses belajar mengajar hanya didalam ruangan saja, tapi dengan melakukannya diluar kita juga dapat mencegah meningkatnya kenaikan suhu bumi. karena apabila kita melakukan proses belajar mengajar didalam ruangan, kita akan menghidupkan AC. Seperti kita ketahui AC merupakan salah satu faktor yang menyebabkan suhu bumi meningkat.
Cara lain untuk menyadarkan para siswa untuk perduli terhadap lingkungannya sendiri, yakni dengan cara melihatkan video yang berhubungan dengan rusaknya lingkungan. Dengan memperlihatkan video tersebut, semoga saja para siswa dapat menyadari bahwa suhu bumi yang kini mereka rasakan merupakan salah satu suhu terekstrim yang pernah ada, sehingga mereka pun tidak lagi lalai dan mereka akan terjun langsung untuk menjaga suhu bumi, terutama untuk menurunkan suhu bumi yang akhir-akhir ini meningkat cukup tajam.***
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province