Minggu, 24 Juli 2011

Green Techno: Sampah Jadi Etanol

Sampah Jadi Etanol

SAMPAH: Dua orang pemulung sedang melakukan pekerjaannya memulung sampah.

SALAH satu perusahaan dengan nama Enerkem di Montreal, Kanada menawarkan solusi baru untuk permasalahan sampah. Perusahaan ini memiliki ide untuk mengolah sampah menjadi salah satu sumber energi berupa etanol. Meskipun hingga saat ini banyak pihak yang meragukan hal tersebut dikarenakan kendala biaya yang tinggi sehingga banyak pihak yang meragukannya.
Proses dan teknologinya sendiri sederhana. Pertama sebuah fasilitas pengolahan Enerkem menerima sampah padat dari kota. Lalu, sampah yang bisa didaur ulang dipisahkan terlebih dahulu. Kemudian sisanya dipotong hingga menjadi ukuran kecil yang dipanaskan dalam suhu sekitar 400 derajat Celcius.
Hidrogen dan karbon monoksida, yang merupakan hasil pembakaran, ditangkap sebelum keluar dari cerobong pembakaran. Sementara polutan lain seperti karbon dioksida disaring terlebih dulu. Gas-gas murni ini selanjutnya diproses dengan katalis yang mengubahnya menjadi metanol. Proses pengilangan selanjutnya dapat mengubah metanol menjadi etanol atau bahan baku lainnya. Metode yang diterapkan Enerkem ini juga sangat ramah lingkungan. Karena dengan memanfaatkan sampah, tidak ada sumber pangan yang harus dikorbankan untuk membuat bahan bakar. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province