Minggu, 10 Juli 2011

Our Green Inspiration (Toto Sugito): Bike To Work, Be a Lifestyle

Bike To Work, Be  a Lifestyle


BERSEPEDA merupakan salah satu kegiatan yang sudah familiar di kehidupan kita. Karena selain menyehatkan, ini juga merupakan salah satu langkah untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Ya, paling tidak juga bisa mengurangi emisi karbon yang menggerogoti bumi ini. Nah, karena itulah Toto Sugito yang merupakan Managing Director di firma arsitektur Anggara Architeam menggagas sebuah gerakan yang akhirnya menghasilkan komunitas bersepeda. Komunitas ini dikenal dengan Bike to Work (B2W) atau Bersepeda ke Kantor.
Sehari-harinya pria berkacamata ini berangkat ke kantornya dengan menggunakan sepeda lipat dan perlengkapan bersepeda lainnya. Sebagai ketua umum dari komunitas B2W ia tentu sangat bersemangat menyusuri jalanan Jakarta dengan menggunakan sepeda lipatnya. B2W yang dibentuk sejak 2004 lalu. Dimana kampanye bersepeda pertama dilakukannya bersama 150 orang lainnya. Sejak saat itu banyak kegiatan rutin yang kemudian dilakukan oleh Toto bersama teman-temannya di B2W setiap bulannya. Dimana di dalam kampanyenya Toto memakai jargon Bintaro-Kuningan Satu Jam Saja agar lebih menarik perhatian. Dari sini Toto dan B2W mencoba menginspirasi masyarakat lainnya agar ikut memakai sepeda ke kantor.
Kemudian pada 27 Agustus 2005 bersama dua orang temannya Taufik dan Tekad. Toto membuat deklarasi Bike to Work di Balai Kota. Acara ini didukung langsung oleh Fauzi bowo dan dihadiri oleh lebih dari 700 pesepeda. Lalu, deklarasi inilah yang akhirnya dicanangkan sebagai hari ulang tahun Bike to Work.
Bahkan yang lebih luar biasanya lagi ketika ulang tahun pertama B2W yang diadakan pada Jumat sore tanggal 27 agustus 2006 di Monas. Dimana acara ini dihadiri oleh lebih dari 1400 orang. Wow!
Berkat kegigihan dan idenya inilah akhirnya Toto memperoleh penghargaan Indonesia Berprestasi Award yang diadakan oleh salah satu vendor komunikasi Indonesia. B2W telah berhasil menginspirasi banyak orang agar menggunakan sepeda.
Walaupun begitu, Gagasan ini sempat dipandang gila oleh segelintir orang. Bahkan istrinya pun menentang niatan suaminya ini. Drg Febriana Setiawati yang berprofesi sebagai dokter gigi dan pernah mengambil S2 Public Health  ini baru mengizinkan suaminya melakukan kegiatan ini jika memakai masker. Ia tentunya paham sekali dengan ancaman polusi Jakarta yang tentunya juga akan mengancam Toto.
Karena kegigihannya juga kini anggota komunitas B2W sudah mencapai 11.000 anggota untuk seluruh Indonesia. Toto pun tak lupa menyalurkan hobi bersepedanya ini kepada tiga anaknya serta istrinya sendiri.
Toto hanya ingin menjadikan bersepeda sebagai life style. Dan siapa yang menyangka ide kecilnya bisa menjadi hal yang luar biasa. (afra-gsj/int/new)

Biodata
Nama Lengkap :
Toto Sugito
Tanggal lahir :
7 Desember 1963
Nama Istri :
Drg Febriana Setiawati
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province