Jumat, 09 September 2011

Green Teacher: Sekolah Kami yang Hijau

Sekolah Kami yang Hijau
 

SMA N 1 Kuantan Mudik adalah salah satu sekolah tingkat menengah atas yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik. Sekolah kami ini berada tidak jauh dari Danau Kebun Nopi (begitu biasa masyarakat di sini menyebutnya) yang akan menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2012 nanti.
Sekolah kami ini letaknya agak di atas bukit. Selain itu juga terkesan hijau karena adanya padang rumput yang cukup luas yang sekaligus digunakan sebagai lapangan bola yang bertujuan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar yang ada di sekolah ini. Terlebih lagi bagi saya yang merupakan guru pendidikan jasmani dan kesehatan. Tentunya lapangan bola ini sangat berguna sekali ketika menyalurkan ilmu yang ada kepada anak didik.
Tak hanya itu saja, banyaknya pepohonan yang sekaligus menjadi pohon pelindung juga menambah kesan hijau di sekolah kami ini. Dengan adanya pepohonan ini juga menambah kenyamanan siswa yang ada di lingkungan sekolah ini. Selain itu, pepohonan ini juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat bagi siswa ketika waktu rehat belajar tiba. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh siswa di bawah pohon ini. Membaca buku salah satunya, tentu akan sangat nyaman jika membaca buku di bawah pohon sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Dengan kenyamanan ini ilmu yang ada di buku juga lebih mudah diserap oleh para siswa.
Pohon-pohon ini juga kami tambah beberapa di bagian depan sekolah dengan melakukan penanaman pada bulan Juni lalu. Ini merupakan salah satu kebijakan dari Kepala Sekolah SMA N 1 Kuantan Mudik, Drs. Waston Yani, MM dalam mendukung kebijakan yang dicetuskan oleh Presiden yaitu one man one tree. Setidaknya dengan melakukan penanaman ini akan semakin menambah hijaunya sekolah kami ini. Sehingga bisa membuat siswa dan personil sekolah lainnya menjadi betah berada di sekolah ini.
Tidak hanya hal itu saja, kami para guru juga mencoba menanamkan rasa cinta lingkungan kepada siswa dan siswi sejak dini dengan mengadakan taman kelas atau taman yang ada di depan kelas. Jadi setiap kelas akan bertanggung jawab terhadap taman yang ada di depan kelasnya. Dengan adanya hal itu, siswa dan siswi yang ada di kelas itu diajarkan untuk merawat dan mencintai tanaman.
    Selain merawat tanaman, siswa juga kami ajak untuk membersihkan lingkungan dari sampah-sampah yang ada. Jadi, siswa dan siswi juga harus menjaga kebersihan taman yang ada di depan kelasnya. Tidak hanya itu saja juga disediakan tong sampah untuk semakin mempermudah siswa menjaga kebersihan lingkungan kelasnya. Dengan begitu siswa dan siswi juga akan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya.
    Gotong royong masal juga sering kami lakukan. Pada gotong royong masal ini siswa dan siswi akan diajak untuk membersihkan seluruh lingkungan sekolah. Jadi, tidak hanya lingkungan kelasnya saja. Selain lingkungan menjadi bersih juga akan semakin mempererat kekompakan dan silaturahmi antar warga sekolah.
    Di sekolah kami juga ada muatan lokal yang mendukung pelestarian lingkungan yaitu pertanian. Pada pelajaran pertanian ini. Siswa di ajak untuk berkebun dan mengelola lahan. Di lahan ini biasa ditanami dengan tanaman seperti sayur-sayuran dan lainnya. Tentunya ini akan mengasyikkan karena bisa berbaur langsung dengan alam yang asri dan hijau yang ada di sekitar sekolah ini.***

Kiriman:
Jayusman
Guru Penjaskes SMA N 1 Kuantan Mudik

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province