Kamis, 22 September 2011

Green Techno: Limbah Udang Jadi Baterai

Limbah Udang Jadi Baterai
 
LIMBAH UDANG: Jangan langsung membuang limbah Anda karena itu bisa dijadikan sumber baterai alternatif.
Setiap barang elektronik tentu memerlukan sumber daya dan energi. Nah, salah satunya berasal dari baterai. Parahnya, karena jumlah elektronik semakin berkembang dan bertambah, maka jumlah limbah elektronik itupun juga akan semakin menggunung seperti baterai bekas.
Melihat kondisi inilah, beberapa orang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat film elektrolit polimer dari chotosan (limbah udang) dan mengembangkannya sebagai smart battery material.
Kandungan yang unik di dalam chitosan ini membuatnya bisa diaplikasikan di berbagai bidang. Ini juga menjadi solusi untuk mengatasi penggunaan baterai tanpa ada usaha untuk memperbaharuinya. Bahkan baterai ramah lingkungan ini juga memiliki kelebihan yakni akan berubah warna sebagai indikasi tingkat energi yang ada dan menunjukkan masa kadaluarsanya.(afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province