Selasa, 15 November 2011

Green Teacher: (Eli Agustina M Pd) Duta Lingkungan Sekolah

Duta Lingkungan Sekolah

Eli Agustina
Dekade terakhir ini, Pemerintah melaksananan program Go Green, di mana-mana terdapat promosi mengenai Go Green melalui reklame, iklan-iklan media visual ataupun media audio visual. Promosi ini mengajak kita menyukseskan program ini. Pun kami dari  Yayasan As-shofa mencanangkan program Go Green  dengan tema “Hijau berbuah dan Asri”.

Di sini saya juga ingin berbagi pengalaman tentang kegiatan go green yang kami lakukan di sekolah. Sebenarnya dari awal di Yayasan As-Shofa telah melaksanakan go green tetapi belum terkoordinir dan terarah. Hanya saja di depan kelas dan halaman sudah  ada pohon-pohon pelindung.

Program Go Green ini di bawah koordinator  Wakil Direktur Departemen Matematika dan Sains  yaitu Hj Eli Agustina dan team go green adalah seluruh guru Sains  Tk, SD, SMP, dan SMA. Kegiatan juag di support oleh Ketua Umum Yayasan As-Shofa Drs H Syafwi Khalil MPd.

Kegiatan go green kami tidak hanya penghijauan secara fisik seperti menanam pohon. Namun juga menghijaukan jiwa dan semangat lingkungan kami melalui pemilihan dan pelantikan duta go green.  Duta Go Green berjumlah 11 orang yaitu 2 siswa dari TK, SD, SMP, SMA, 1 orang dari  karyawan, Satpam dan Cleaning service. Duta Go Green ini bertangggung jawab terhadap lokasinya masing-masing. Untuk Duta Go Green SMP dan SMA kita ikut sertakan mengikuti kegiatan Green Student Journalist di Riau Pos.

Mengapa anak-anak harus kita libatkan?. Karena mereka adalah calon pemimpin masa depan, yang bila sejak dini sudah cinta lingkungan maka kelak mereka akan menjadi pemimpin yang peduli pada lingkungan dalam setiap  kebijakannya.
Mengajarkan mereka untuk mencintai lingkungan akan membentuk mereka menjadi anak yang peka terhadap lingkungan hidup dan peduli akan kelestarian alam dan akan melakukannya secara spontan  di mana pun berada.Maka dari itu institusi pendidikan adalah salah satu pilar untuk membumikan gerakan penghijauan dan penyelamatan alam.

Pada program jangka pendek sekali tiga bulan kita akan melakukan penilain pada masing-masing lokasi sekolah dan ini akan kita beri reward kepada setiap kelas yang memelihara penghijauan di kelas mereka masing-masing. Sementara setiap  minggu tim melaksanakan peninjauan, pemeliharaan dan pembenahan pada lokasi-lokasi  yang perlu perhatian terhadap penghijauan.

Semenjak Go Green dilaksananan Guru dan siswa antusias sekali terhadap program ini   bahkan bukan di luar kelas  saja diadakan  penghijauan di dalam kelaspun mereka tata senyaman mungkin. ini menambah motivasi guru-guru untuk melaksanakan Go Green di rumah masing-masing. Dengan program Go Green ini sekaligus kita melatih bagaimana siswa-siswa  peduli terhadap lingkungan mereka, dan kalau perlu kita tanamkan ke siswa tersebut bahwasanya program penghijauan itu adalah merupakan sedekah dan amal jariah bagi kita selama tanaman tersebut tumbuh dan berketurunan walaupun kita sudah meninggal.

Seorang muslim yang menanam tanaman tak akan pernah rugi di sisi Allah, sebab tanaman tersebut akan dirasakan manfaatnya oleh manusia dan hewan, bahkan bumi yang kita tempati. Kalimat bijak juga mengungkapkan Jika kamu berfikir untuk satu tahun ke depan, semailah sebiji benih. Jika kamu berfikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon. salam hijau.

Kiriman:
Eli Agustina M Pd
Guru SMA Islam As-Shofa Pekanbaru
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province