Selasa, 15 November 2011

Info Green: Mobil Listrik Pertama Uganda dan Rumah dari Botol Plastik

Mobil Listrik Pertama Uganda
 
 KIIRA EV: Sebuah mobil listrik yang merupakan mobil listrik pertama lahir di Uganda, sebuah negara di benua Afrika.
Sebagai negara berkembang, Uganda ternyata bisa menghasilkan sebuah mobil listrik yang diberi nama Kiira Ev. Uniknya lagi pengembangan awal dari mobil ini dilakukan oleh 25 mahasiswa di Makarere University pada tahun 2009. Dan masalah utama ketika itu adalah pendanaan, hingga akhirnya presiden Uganda, Museveni memberikan bantuan hingga mobil ini mencapai kesempurnaan nantinya. Bahkan teknologi untuk mobil ini juga sepenuhnya menggunakan komponen lokal.

Dan dalam penyempurnaannya Kiira EV masih memerlukan beberapa penyempurnaan seperti penambahan power steering, klakson dan penyempurnaan pada sistem akselarasinya. Meski begitu ini akan menjadi terobosan baru bagi Uganda untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi. Rencananya tim juga akan mendesain dan mengembangkan bis listrik untuk mode transportasi umum di Uganda. (afra-gsj/int/new)

Rumah dari Botol Plastik

DINDING RUMAH: Rumah dengan dinding dari botol plastik menjadi salah satu solusi kekurangan rumah di Nigeria.
Nigeria menghadapi persoalan peningkatan jumlah penduduk yang juga berarti peningkatan kebutuhan akan rumah tempat tinggal. Sekaligus juga menghadapi pertambahan jumlah sampah plastik.

Persoalan yang dihadapi oleh negara Negeria itu, membuah satu di antara organisasi non-pemerintah yang ada di negara tersebut beranama Development Asssociation for Renewable Energies (DARE) menawarkan sebuah solusi, yakni dengan membangun rumah dengan dinding botol plastik bekas.

Botol plastik yang digunakan lengkap dengan tutup botolnya. Sebelum menjadi dinding, botol-botol plastik tersebut diisi penuh dengan pasir dan diikat dengan menggunakan kawat pada bagian lehernya. Lalu dengan menggunakan semen dan lumpur, botol-botol itu pun dipasang.
(afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province