Minggu, 27 November 2011

Green Teacher: (Titin Triana SH MH) Lingkungan Untuk Generasi Muda

Lingkungan Untuk Generasi Muda

Kiriman:
TITIN TRIANA SH MH
Guru SMA PGRI Tembilahan dan Dosen Univeritas Islam Indragiri Hilir
Lingkungan hidup yang meliputi air, lautan, udara, kekayaan alam yang terkandung dalam bumi, maupun mahluk hayati semuanya adalah ciptaan Tuhan YME. Sebagai ciptaan Tuhan maka bumi dengan segala isinya dan udara di atasnya serta laut, perlu dijaga kelestariannya. Permasalahan lingkungan hidup telah menjadi isu global yang menjadi perdebatan bangsa-bangsa di dunia. Negara-negara maju mengklaim, bahwa negara-negara berkembang dalam proses pembangunan nasionalnya lebih banyak melakukan perusakan lingkungan hidup, disebabkan karena keterbatasan sumber daya manusianya dalam mengelola lingkungan dengan teknologi modern yang lebih ramah lingkungan.

Di sisi lain negara-negara berkembang mengklaim pula, negara-negara maju, yang kelihatan bersifat diskriminatif dalam pengelolaan hidup, karena sector lingkungan hidup itulah yang bisa diandalkan untuk membangun pembangunan nasional bagi negara-negara yang masih berkembang. Adanya debat antara negara-negara maju dan negara-negara berkembang, di samping telah menimbulkan rasa keprihatinan mendalam atas kelestarian lingkungan, sebenarnya ada titik temu di antara negara-negara maju dan negara-negara berkembang bahwa mereka berkeyakinan dan saling mempunyai kepentingan, bahwa kekayaan alam yang ada dewasa ini suatu saat akan habis. Dalam pengelolaan lingkungan hidup tidak hanya untuk kepentingan generasi saat ini, namun juga untuk generasi masa depan.

Adanya kesenjangan antara negara-negara maju dengan negara-negara berkembang dalam pemanfaataan teeknologi modern. Dalam pengelolaan lingkungan, diperlukan proses teknologi dari negara-negara maju kepada negara-negara berkembang. Dalam hal ini tidak bisa dihindari adanya kebutuhan yang saling ketergantungan antara negara-negara maju dengan negara-negara berkembang.

Lingkungan hidup sebagai karunia dan rahmat Tuhan TME kepada rakyat dan bangsa Indonesia merupakan ruang bagi kehidupan dalam segala aspek sesuai dengan wawasan Nusantara. Dalam rangka mendayagunakan sumber daya alam untuk memajukan kesejahteraan umum seperti diamanatkan dalam UUD 1945 dan untuk mencapai kebahagian hidup berdasarkan Pancasila. Oleh sebab itu perlu dilaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, berdasarkan kebijaksanaan nasional yang terpadu dan menyeluruh dengan memperhitungkan kebutuhan generasi masa kini dan generasi masa depan. Untuk itu dipandang perlu melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup yang serasi, selaras dan seimbang guna menunjang terlaksananya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup.

Pembangunan yang berkelanjutan tersebut tidak dapat dilakukan secara sendiri atau hanya beberapa aktor saja. Misalnya seperti hubungan vertikal antara pemerintah dan rakyatnya. Namun harus dilakukan secara menyeluruh, dalam bentuk bulat atau bundar. Karena lingkungan mencakupi persoalan semua pihak.

Dunia pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberhasilan pembangunan berkelanjutan demi generasi penerus ini. Setiap pengajar pasti ingin memberikan sesuatu yang berguna serta berperan sebagai bekal bagi para siswanya.

Oleh karena itu, perannya di sini sebagai seorang guru untuk memberikan pengertian bahwa pembanguann berkelanjutan untuk generasi medantang juga datang dari generasi saat ini. ***
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province