Senin, 21 November 2011

Info Green: Pembangkit Listrik Arus Laut dan Facebook Gunakan Energi Ramah Lingkungan

Pembangkit Listrik Arus Laut

TURBIN: Sebuah turbin arus laut nantinya akan terpasang di lepas pantai Perancis.

TAHUN 2012 Perancis Operasikan Pembangkit Listrik Arus Laut Terbesar
Nantinya di tahun 2012, Perancis akan menjadi negara pertama di dunia yang memiliki pembangkit listrik terbesar dengan sumber energi berasal dari arus laut. √Člectricit√© de France (EDF), perusahaan listrik Perancis menggandeng OpenHydro untuk menyelesaikan proyek pembangkit yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2008 lalu.


Turbin arus laut OpenHydro ini nanti akan dipasang di lepas pantai Perancis. Di kedalaman 35 meter, setiap turbin akan menghasilkan daya sebesar 2 MegaWatt yang cukup untuk memberikan pasokan listrik 4.000 rumah di wilayah sekitarnya. Untuk menjamin keselamatan kehidupan laut di dalamnya, turbin-turbin tersebut didesain dengan teknologi open center, dimana bagian tengah rotor terbuka. Desain itu akan memberikan kesempatan bagi ikan dan mahluk laut lainnya dapat dengan aman melewati rotor. (afra-gsj/int/new)

Facebook Gunakan Energi Ramah Lingkungan

 FACEBOOK: Kini pun facebook mulai menggunakan solar thermal sebagai langkah awal untuk meninggalkan sumber energi berbahan bakar fosil.
Setelah google memulai untuk menggunakan energi yang ramah lingkungan. Kini facebook, sebagai penyedia layanan jejaring sosial terbesar di dunia pun mempersiapkan deretan solar therman baru di markas barunya di Menlo Park.

Deretan solar thermal ini berada tepat di atas gedung  fitnessnya. Dan untuk merealisasikan hal ini facebook bekerja sama dengan Cogenra dengan teknologi solar thermal yang menghasilkan 60 kiloWatt listrik. Namun, meski hanya 60 kiloWatt semoga ini langkah awal bagi penyedia layanan jejaring sosial untuk berpindah dari sumber energi berbahan bakar fosil ke energi terbaharukan. (afra-gsj/int/new)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province