Selasa, 15 November 2011

Our Green Inspiration (Olga Speranskaya): Lingkungan Bukanlah Politik

Olga Speranskaya
Lingkungan Bukanlah Politik


Ia adalah seorang direktur untuk sebuah program lingkungan sejak tahun 1997, yaitu the Chemical Safety Program at the Eco-Accord Center for Environment and Sustainable Development. Karena itulah ia kerap melakukan kampanye lingkungan terutama yang berhubungan dengan penggunaan polutan organik, juga melarang penguburan dan penyebaran bahan kimia berbahaya, serta memberikan informasi kepada para pembuat keputusan di pemerintahan untuk perubahan kebijakan di berbagai negara.

Fisikawan ini juga tak hanya sekedar berkoar-koar. Melalui pekerjaannya, Speranskaya juga memberikan pendidikan kepada ratusan orang tentang bahayanya bahan kimia. Ia juga telah merangkul banyak aktivis untuk bersama-sama menyatukan suara.

Selain itu menurut Speranskaya, ketika palu dan sabit akhirnya jatuh di Uni Soviet hampir dua dekade lalu. Ratusan ton pestisida usang dan bahan kimia lainnya tertinggal dan tersebar di 15 republik yang baru saja merdeka. Disimpan di dalam kantong robek dan gudang yang hampir rubuh. Dan masalah semakin bertambah buruk, karena bahan kimia itu bisa meresap ke dalam tanah dan akhirnya mengancam kehidupan manusia.

Karena hal itulah Speranskaya mengajak orang-orang untuk menangani hal tersebut. Dan akhirnya banyak orang pun mulai melakukan tindakan. Meski begitu, masalah tetap besar karena perusahaan di Rusia masih apatis terhadap lingkungan. Tapi bagi Sperenskaya lingkungan itu diluar wilayah politik. Dan menurutnya perjuangan itu tetap harus dilakukan.

Berkat kerja kerasnya itu pun Speranskaya diberikan penghargaan Goldman Prize 2009. Tak hanya itu saja, majalah Time pun menganugerahinya gelar Heroes of The Environtment pada tahun yang sama. (afra-gsj/int/new)
 
Kutipan:
"Tanamlah sayur sendiri, selama Anda masih memiliki bumi yang bersih. Terutama ,jika anda juga tinggal di dekat tempat yang menghasilkan polusi, ini adalah cara terbaik untuk memastikan makanan anda bebas polusi”
 
Olga Speranskaya
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province