Selasa, 20 Desember 2011

Info Green: Australia Kembangkan Pembangkit Listrik Gelombang Laut dan Jual Beli Cendrawasih Langka di Perbatasan

Australia Kembangkan Pembangkit Listrik Gelombang Laut


Sebuah pembangkit listrik dengan gelombang laut dikembangkan di Australia. Pembagkit Listrik ini dikenal dengan BioWave yang memanfaatkan energi gelombang laut sebagai sumber energinya.
Energi gelombang laut ini menyerap dengan menggunakan pelampung yang kemudian dialirkan menuju generator untuk menghasilkan listrik dengan bantuan pompa hidrolik yang dikenal dengan O-Drive. Saat ini prototipe berkapasitas 250 kilo Watt ini siap beroperasi pada kedalaman 30 meter. Sedangkan untuk skala komersialnya berkapasitas 1 megaWatt yang beroperasi pada laut yang lebih dalam berkisar 40-45 meter. Tak ada salahnya juga Indonesia mencontoh yang dilakukan Australia ini bukan? (afra-gsj/int/new)


Jual Beli Cendrawasih Langka di Perbatasan


Ternyata banyak hal yang bisa mengancam keberadaan satwa liar dan langka yang ada di hutan Indonesia. Tak hanya perburuan yang semakin marak, ternyata jual beli satwa langka juga marak terjadi di kawasan perbatasan, seperti di Pontianak, Kalimantan Timur dan Barat serta sejumlah titik di wilayah Sumatera.
Beberapa lokasi di Sumatera kerap menjadi jalur penyelundupan ke Malaysia melalui jalur laut di Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Aceh. Sedangkan untuk ke Filipina biasanya melalui jalur laut di Maluku.
Menurut Darori, Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan, ketatnya pengawasan melalui kerja sama pihak kepolisian setempat bekerja sama dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) diharapkan mengatasi hal tersebut. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province