Minggu, 04 Desember 2011

Green Techno: Sagu Alternatif Bahan Baku Biofuel

Sagu Alternatif Bahan Baku Biofuel
 
SAGU: Batang kelapa sawit ternyata mengandung sagu yang bisa digunakan sebagai bahan baku alternatif baru untuk biofuel.

Polemik pemanfaatan berbagai macam tanaman, seperti kelapa sawit, jagung dan tebu maupun tanaman pangan lainnya masih terus berlanjut. Berangkat dari hal inilah Universiti Malaysia Sarawak mencoba mengambil pendekatan lain dalam produksi biofuel dari kelapa sawit.

Universitas ini telah menghabiskan waktu selama 10 tahun untuk melakukan penelitian terhadap kelapa sawit yang melibatkan berbagai elemen di dalamnya. Riset ini difokuskan pada batang pohon kelapa sawit yang mengandung sagu. Disini sagu merupakan bahan baku yang cukup potensial. Karena batang pohon tersebut merupakan suatu limbah produksi yang sering tidak dimanfaatkan lagi. Nah, untuk merealisasikan hal ini, Unimas bekerja sama dengan Sarawak Land Consolidation and Rehabilitaition Authority untuk menangani pertahanan dan menyediakan fasilitas pabrikasi guna mendukung riset ini. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province