Minggu, 11 Desember 2011

Info Green : Bambu untuk Pabrik Coklat Bali dan Laut Mati Terancam “Mati”

Bambu untuk Pabrik Coklat Bali
BIG TREE FARMS: Sebuah pabrik di Bali memiliki bahan material yang unik yaitu bambu.

Bambu dijadikan sebagai bagian dari rumah sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika digunakan untuk pabrik, maka bambu dianggap sebagai eco-material.
Sebuah bangunan di Bali yang ditengarai sebagai pabrik coklat milik Big Tree Farms akan dibuat dengan bahan baku bambu ini. Tentu itu mudah bagi Pak Cantor, sang pemilik pabrik ini. Karena ia telah berpengalaman puluhan tahun dalam membuat bangunan dari bambu. Bangunan ini dibangun dengan luas 2.460 meter persegi di Bali.

Big Tree Farms sengaja memilih bambu sebagai material bangunan pabriknya. Karena bamboo dinilai memiliki kelebihan yakni kekuatan yang sebanding dengan campuran baja lunak dengan beton. Selain itu, beberapa spesies bamboo juga mampu tumbuh dengan sangat cepat hingga mencapai 30 meter dengan diameter 15-20 cm. Namun, sebagai bagian dari tanaman pohon, bambu ini juga digemari oleh rayap. Karena itulah diberikan baric acid untuk untuk mencegah hal tersebut. Tak hanya itu, bambu ini juga diproses dahulu dengan menggunakan zat kimia seperti borax yang berfungsi sebagai anti api. (afra-gsj/int/new)

Laut Mati Terancam “Mati”
Sebuah studi menyatakan bahwa pengambilan air dari sungai-sungai yang bermuara pada laut mati akan menyebabkan pengeringan pada laut tersebut. Bahkan konflik antara Israel dengan tetangganya akan menjadi tak terhindarkan. Steven Goldstein, peneliti dari Lamont-Doherty Earth Observatory, Columbia University, Amerika Serikat menyatakan bahwa laut mati sudah mulai kering karena terlalu banyak manusia yang mengambil air ke sana. Bahkan menurutnya laut mati sendiri pernah kering meski tanpa intervensi manusia.
Bahkan saat ini praktis tidak ada air segar yang masuk ke laut mati. Banyak masalah yang akan timbul jika sendainya laut mati benar-benar mati. Karena air sendiri merupakan faktor yang sangat menentukan dalam stabilitas politik di kawasan Timur Tengah. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province