Senin, 09 Januari 2012

GSJ News: MSDC Adakan Transplantasi Karang

MSDC Adakan Transplantasi Karang
 
foto:tim MSDC for riau pos
BIBIT: Tim MSDC sedang terlihat sibuk menyemai bibit terumbu karang yang akan di transplantasikan di Pantai Kasiak.

Mengawali tahun 2012 Marine Science Diving Club (MSDC) Universitas Riau melakukan transplantasi karang, hal ini diharapkan akan memperbaiki ekosistem terumbu karang. Kegiatan dilakukan dengan penanaman kembali terumbu karang dengan cara di letakkan di sekitar karang yang rusak.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, dimulai pada 30 Desember hingga tanggal 3 Januari ini dilaksanakan di lokasi konservasi kelautan nasional Pariaman, Sumatera Barat. Selain dii kuti oleh sekitar 30 anggotanya, MSDC juga bekerjasama dengan Diving Proklamator dari Universitas Bung Hatta, Padang dan Kurau Diving Club yang berasal dari Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan Universitas Riau.

“Transplantasi nya dilakukan tanggal 1 Januari, sengaja di paskan dengan momen tahun baru,” ungkap Surya, salah satu anggota MSDC.

Transplantasi karang dimulai dari pencarian bibit karang, kemudian pemasangan bibit ke meja transplan dan peletakan meja transplan ke lokasi tranplantasi. Tidak hanya itu, aksi bersih pantai juga di lakukan sebagai bentuk kepedulian MSDC akan lingkungan laut dan pesisir.

MSDC juga melakukan latihan perairan terbuka,yang merupakan tahap awal dari proses menjadi anggota di MSDC, sekaligus diklat untuk anggota MSDC yang baru.

“Diklat itu dimaksudkan untuk mencetak orang-orang yang ingin menjadi penyelam dan sekaligus mampu menyelamatkan dan peduli akan alam dan sekitarnya,” ujar Jefri Affandi, Humas Informasi dan Publikasi MSDC.

Mengingat pentingnya keberlangsungan ekosistem terumbu karang, yang menjadi tempat berkembang biak ikan dan berbagai makhluk air lainnya, transplantasi ini penting untuk dilakukan, disamping di Pulau Kasiak sendiri saat ini kondisi terumbu karang yang ada disana sudah mulai rusak.
“Keberadaan terumbu karang ini juga bermanfaat sebagai pelindung sempadan pantai dari terjangan arus kuat dan gelombang besar, hal itu lah yang menjadi salah satu alasan MSDC untuk mencoba memperbaikinya dengan melakukan transplantsi karang,” lanjut Jefri.(asrul-gsj)
Reaksi:

2 komentar:

Multazam Ilma mengatakan...

The Best Job

green student journalists mengatakan...

:D
Thank you

Regard,
GSJ :D

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province