Rabu, 25 Januari 2012

Cara Mengajak Teman Menjaga Lingkungan: Selalu Ada Jalan Cegah Panas Bumi


   SELALU ada jalan. Ungkapan yang belum terlambat diucapkan  untuk Bumi Lancang Kuning yang semakin mencekam panasnya. bagaimana tidak, sebelum tibanya musim kemarau pun yang mendominasi Indonesia, Riau memang sudah terkenal dengan kota panas dikarenakan julukan kota minyaknya.
Panas yang mencapai dua derajat celsius, naik daripada suhu normal. Panasnya Kota Pekanbaru mebuat siapapun, terutama masyarakat Riau tidak betah berlama-lama untuk berada diluar.
Semakin banyaknya, sampah yang berserakan, hutan yang ditebang, penggunaan kendaraan, penggunaan listrik, pembangunan dimana-mana. Ditambah lagi, pembangunan tiga tahun belakangan ini khusus di wilayah Pekanbaru.
   Pembangunan besar-besaran, yang terkesan hanya bertugas untuk pembangunan saja, namun tidak melihat dampak negative  yang mampu membuat Bumi Lancang Kuning ini semakin panas. Dalam hal ini tentulah tidak bisa hanya menyalahkan pemerintah daerah. Tidak lain adalah kita sendiri, kita selaku manusia, masyarakat yang mendiami, menetapi kota ini. dengan apa? tentunya dimulai dari hal-hal kecil yang perlu diniatkan, dilaksanakan dengan ikhlas.Caranya, tidak susah kan mengambil sampah yang terlihat kemudian sebelum dimasukkan ke tempat sampah, dipisahkan terlebih dahulu, mana sampah organik dan non organik.
Mematikan lampu jika tidak digunakan lagi, tidak menggunakan kendaraan untuk jarak-jarak dekat, mematikan AC, menanam sekaligus merawat tanaman-tanaman yang sudah ada dan sebaginya. Namun apa kendala untuk melakukan itu semua, hmm, menurut saya, jika disadari,  memang setiap orang mau dan mampu melakukannya, lalu kendalanya apa?. Yang sangat disayangkan, kegiatan itu hanya akan dilakukan ketika di awal saja.
   Seperti adanya acara-acara penanaman pohon.  Habis ditanam ya ditinggal. kemudian apa lagi? Adanya kampanye untuk mematikan listrik dijam-jam tertentu. Kemudian setelah 3 hari kebiasaan itu akan hilang kemudian . Berusaha hidup sehat dengan berjalan kaki, bersepeda, berolahraga setiap pagi, namun terkadang hanya dikarenakan kesibukan kecil, maka kebiasaan hidup sehat itu hilang lagi. Nah, lalu bagaimana agar hal itu dapat dihindari dan tetap dilaksanakan secara konsisten, berkala, dan kalau bisa untuk selamanya?.
    Mungkin saya punya satu cara unik yang mampu mengubahnya. terpikir ketika berjalan mengelilingi kota Pekanbaru, melihat banyaknya iklan Kartu Perdana di pinggir-pinggir jalan yang menawarkan banyak sms murah, telpon murah, dan internetan murah, waah, ini kesempatan banget nih, menyadari hal itu dan mengingat sifat alamiah manusia adalah selalu lupa jika tidak diingatkan, nge sms, nelpon 10 detik, dan nge tag di akun-akun jejaring sosial, menjadi hal yang unik ketika ditjukan kepada teman-teman setiap pagi sebelum beraktifitas di luar membuat cara terbaik untuk mengurangi panas bumi ini dan menjaga lingkungan agar tetap hijau dan segar selalu. sehingga dengan terbiasa di sms, kemudian dilakukan, berharap akan banyak teman-teman melakukannya, untuk Bumi Lancang Kuning tercinta khususnya. ***
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province