Senin, 20 Februari 2012

Aksi EYES 8 Aktif Sosialisasikan Lingkungan

   SMA Negeri 8 Pekanbaru kembali menurunkan armadanya untuk melakukan sosialisasi lingkungan ke beberapa tempat. Tentu saja armada yang dimaksud adalah anggota ekstrakurikuler lingkungan Ecological Youth Environmental Source (EYES) di SMAN 8. Dalam sosialisasi ini, anggota EYES mengunjungi sekolah-sekolah diantaranya yaitu SMA Negeri 2 Siak Hulu, SDN 018 dan SDN 020 Pekanbaru.
   Sosialisasi di SDN 018 dan SDN 020 Pekanbaru berlangsung pada Jumat (10/2) lalu dari pukul 10.00-12.00 WIB. Ada empat orang anggota EYES yaitu Indah Riski, Yeshia Afni, Arif Prayogo dan Rani Martalisa yang berada disana. Murid kelas XI SMAN 8 tersebut didampingi oleh Asnita, pembina ekskul EYES dan Nurhafni, Waka Humas SMAN 8 Pekanbaru.

   Tema sosialisasi yang diangkat oleh EYES kali ini adalah tentang pentingnya menghemat air. Para peserta yang merupakan murid-murid sekolah dasar kelas 4,5, dan 6 ini sangat bersemangat dan antusias sekali mendengarkan materi yang disampaikan. 

   Mereka tergabung dalam polisi lingkungan di sekolah mereka dan memiliki nametag agar dapat dibedakan dengan siswa lainnya.Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab sesuai dengan materi.

   “Adik-adiknya pintar-pintar terus lucu-lucu semua. Sebagian besar dari mereka bisa menjawab pertanyaan yang kami berikan. Kami juga sampai bingung mau memilih diantara mereka untuk menjawab karena semuanya mengancungkan jari,” tutur Indah Rizki.

   Bagi yang jawabannya benar, tim EYES akan memberi hadiah snack dan bagi yang jawabannya salah, akan diberi permen. Sehingga mereka semakin bersemangat.

   Para guru di sekolah dasar tersebut mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini. Apalagi yang memberikan materi juga pelajar yang masih SMA. Ini menunjukkan bahwa masih banyak generasi muda yang peduli lingkungan. Sebelum acara ini dimulai, para guru memberikan kata sambutan dan memperkenalkan anggota EYES ini kepada murid-muridnya. 

   “Menurut saya kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat. Bagi saya sendiri, saya belajar untuk tidak hanya bersosialisasi kepada teman-teman setingkat saya namun juga beda tingkat seperti anak SD ini. Sedangkan bagi murid SD sendiri, selain menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, mereka juga jadi lebih siap berinteraksi dengan orang-orang baru yang bahkan tidak setingkat dengan mereka,” lanjut Indah yang akrab disapa Indah.

   Materi-materi yang disampaikan adalah cara menghemat air, mengapa air harus dihemat, kondisi air dunia, dan sebagainya. Materi ini dipersiapkan sendiri oleh para siswa-siswi kelas XI tersebut. Materi yang sama juga disampaikan oleh Bella Kesita, Yosefa Laura dan Rury Muhandar saat melakukan sosialisasi di SMAN 2 Siak Hulu pada Sabtu (11/2) lalu. Para peserta sosialisasi yang merupakan anggota OSIS kelas XI ini juga sangat tertarik mengikuti kegiatan tersebut.

   Sosialisasi ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja karena EYES menargetkan untuk melakukan sosialisasi ke 20 sekolah di beberapa waktu mendatang.

    “Masih banyak lagi tempat-tempat yang menjadi target untuk sosialisasi. Di penghujung minggu ini, insyaAllah EYES akan melakukan sosialisai di SMK Pertanian Terpadu Pekanbaru,” tutup Nurhafni, Waka Humas SMAN 8 Pekanbaru.(yayang-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province