Senin, 20 Februari 2012

GSJee News: H2C Sarana Belajar Mengenal Alam

   Hari ini, Ahad (19/2) Green Student Journalists (GSJ) mengadakan Happy Hiking in Chevron (H2C). Kegiatan tersebut bekerjasama dengan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

   Sesuai dengan namanya, acara ini merupakan kegiatan hiking, yaitu berjalan menelusuri dan mengenal kawasan hutan CPI yang berada di Duri Kabupaten Bengkalis.

   “Nanti di Duri para peserta Happy Hiking in Chevron akan hiking ke Hutan Talang yang merupakan tempat lintasan gajah. Setelah itu nantinya kita juga akan melewati area Duri Steam Flood untuk melihat bagaimana operasi migas dapat berjalan, namun dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitarnya,” ujat Okta Heri Fandi, Staf Tim Communications CPI.

   Namun sebelum turun ke lapangan pada Sabtu (18/2) 20 orang peserta H2C yang berasal dari luar kota sudah berada di Pekanbaru untuk mengadakan Technical Meeting (TM) bersama 30 orang peserta yang berasal dari kota Pekanbaru. Semua peserta di wajibkan untuk mengenakan baju panjang dan memakai sepatu selama menyusuri kawasan hutan CPI.

   “Hari ini (Sabtu, red) kita akan melaksanakan Teknikal Meeting yang nantinya akan diberitahukan kepada peserta tentang jadwal kegiatan, serta jadwal keberangkatan dan perlengkapan yang harus dibawa.

   Kegiatan ini berlangsung hanya satu hari, namun bagi peserta yang berasal dari luar kota sudah harus berada di camp CPI Rumbai pada sabtu sore untuk menginap disana,” ujar Asrul Rahmawati Koordinator GSJ Riau yang juga sekaligus sebagai ketua panitia untuk kegiatan H2C ini. “Dalam kegiatan ini para peserta akan diajak untuk mengisi hari libur dengan perjalanan hiking yang menyenangkan, selain itu peserta juga akan diajak untuk belajar mengenal alam dengan melihat keanekaragaman hayati yang ada di kawasan hutan CPI Duri,” lanjutnya.

   Pada tahun 2010, kegiatan H2C ini juga pernah dilaksanakan. Tapi pada saat itu, hutan yang di telusuri para peserta ialah kawasan Nature Park Rumbai yang berada di Rumbai- Pekanbaru. Berbeda dengan yang sekarang, hutan yang dilalui ialah hutan CPI yang terletak di Duri.

   Setelah pembekalan materi mengenai PT CPI dan Hiking di lakukan. Para peserta diwajibkan untuk menuliskan laporan perjalanannya mengenai kegiatan yang dilakukan hari ini. Dua orang peserta terbaik, akan diberi hadiah yaitu perjalanan jurnalistik mengunjungi tempat-tempat yang berkontribusi terhadap pelestarian dan penjagaan lingkungan di Surabaya.(timang-gsj/new)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province