Rabu, 01 Februari 2012

Cara Aplikatif menjaga lingkungan: Menanam dan Menuai Hasil



   Menanam bukanlah sebuah aktifitas langka di negeri ini. Menanam merupakan sebuah tradisi yang telah diwariskan leluhur sejak lama. Oleh karenanya, menanam harus bisa melekat dengan aktifitas masyarakat sejak dini. Karena dengan menanam membuktikan kita peduli dengan masa depan bangsa dan peduli dengan lingkungan yang hijau, nyaman dan natural.
   Gerakan penghijauan yang dimulai tahun 2011 dengan menanam pohon sebanyak 1 milyar pohon merupakan program pro lingkungan dan pro masa depan yang diwariskan kepada anak cucu bangsa. Gerakan tersebut tidaklah program yang baru dimasyarakat. Hanya aktifitas masyarakat yang super sibuk dengan urusan ekonomi, politik dan sebagainya, seperti diingatkan kembali terhadap tradisi leluhur yaitu menanam.
   Tujuan menanam pohon sangat banyak sekali, diantaranya adalah, pertama, membantu sirkulasi udara yakni dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya, produksi oksigen akan bertambah. Kedua adalah mempertahankan kondisi tanah agar tidak erosi dan abrasi. Dengan menanam pohon maka kualitas tanah akan semakin baik sehingga mampu mencegah banjir dan tanah longsor. Ketiga adalah menciptakan suasana nyaman karena banyak pohon maka akan tercipta suasana teduh dan terhindar langsung dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Keempat adalah sebagai investasi masa depan. Bermacam-macam jenis pohon di Indonesia telah terbukti bermanfaat untuk kebutuhan manusia. Dengan mengurangi produksi hasil hutan sekarang dan justru meningkatkan investasi masa depan dengan menanam pohon maka kita telah membantu kebutuhan-kebutuhan anak cucu dimasa depan.
   Menanam pohon dan tanaman yang kita inginkan dan sesuai dengan iklim dilingkungan tempat tinggal, bukanlah sebuah kegiatan yang sulit. Beberapa trik agar kita peduli terhadap lingkungan dan penghijauan dapat dilakukan sejak dini. Seperti, mulailah menanam di halaman rumah. Jika kita memiliki lahan yang cukup seperti dirumah dan dikantor, maka tidak ada salahnya untuk menanam berbagai tanaman yang berguna dan bermanfaat untuk kita. Anda yang menanam maka anda yang menuai hasilnya. Tanaman seperti buah-buahan, palawija dan sebagainya sangat cocok ditanam dihalaman depan rumah atau halaman belakang.
   Kemudian, membersihkan halaman rumah, membuang sampah pada tempatnya dan memotong dahan-dahan kering. Jangan lupa kita menimbun sampah-sampah plastik dan sampah yang dapat menimbulkan bintik nyamuk. Kebersihan mencerminkan hidup sehat dan pasti kita akan selalu hidup nyaman dengan kebersihan.  Selanjutnya, mengajak orang lain untuk hidup natural yakni dengan peduli terhadap kelangsungan lingkungan disekitar. Kebiasaan-kebiasaan seperti mematahkan ranting, menebang pohon yang masih produktif, membuang sampah disembarang tempat, boros energi dan sebagainya telah menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Untuk itu mengajak orang lain dan memperingatkan agar berprilaku pro lingkungan dapat membantu aktifitas pengjijauan dan mencegah pemanasan global secara masif.
   Tidak ada yang dapat membantu kelangsungan hidup kita selain diri kita sendiri. Oleh karena itu marilah sejak dini atau sejak sekarang berprilaku hidup sehat dengan peduli terhadap lingkungan sekitar, dan mulailah untuk menanam.***
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province