Selasa, 14 Februari 2012

Patroli Sehat dengan Bersepeda



PATROLI : Dua polisi  melakukan patroli di car free day, Jalan Dipenegoro, pekan lalu.
   POLISI lalu lintas berpatroli dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Tapi tahukah anda kalau saat ini telah ada polisi yang berpatroli dengan menggunakan sepeda? Serta apa saja manfaat dari patroli dengan menggunakan sepeda?

   Untuk menjawab hal itu, Riau Pos berbincang dengan beberapa dari perwakilan polisi yang di temui, di car free day sedang berpatroli dengan menggunakan sepeda. Diantaranya Aiptu Ratnawilis (43), Briptu Sely Amaliya (25) serta yang terakhir Brigadir Andi Sofyan (31).

  Berpatroli dengan bersepeda ini sebenarnya sudah dijalani beberapa polisi lalu lintas sejak setahun yang lalu. Tepatnya di di car free day setiap Minggu pagi. Selain untuk membaur dengan orang sekitar car free day yang tidak boleh menggunkan kendaraan bermotor, tapi juga untuk berpartisipasi mencegah terjadinya polusi.

    “Berpatroli dengan sepeda ini sudah kami jalani sejak setahun yang lalu dan memang ini hanya baru ada saat patroli di car free day setiap Minggu pagi. Ini sangat menyehatkan dan juga menyenangkan,” terang Aiptu Ratnawilis polisi yang selalu tersenyum ketika ditegur oleh semua orang ini.

   Untuk safety ataupun keselamatan, meskipun hanya berpatroli di car free day semua polisi yang bersepeda wajib menggunkan perlengkapan safety yang lengkap sebagai suatu kewajiban saat patroli. Selain mencerminkan sikap polisi yang safety saat bekerja tapi juga untuk pengendara sepedanya itu sendiri menhindari kecelekaan yang kemungkinan terjadi.

   “Keselamatan merupakan yang utama dalam bersepeda. Oleh karena itu meskipun tujuan kami hanya patroli, kami tetap menggunakan semua perlengkapan keamanan. Diantaranya sarung tangan dan helm,” jelas Sely Amaliya polisi yang masih terhitung muda dan cantik ini sambil tersenyum.

   Sementara menurut Brigadir Andi Sofyan, “dengan bersepeda polisi lalu lintas bisa terlihat lebih fresh dan juga bersahabat dengan sekitar. Tidak seperti pandangan orang banyak mengenai polisi yang berpatroli dengan menggunakan sepeda motor, yang lebih terlihat menakutkan ataupun menyeramkan,” ucapnya.

   Polisi yang kini telah mempunyai dua orang anak ini juga menambahkan, bersepeda memang kini sedang booming sehingga banyak orang kini mulai menggunakan sepeda. Oleh karena itu kini polisi lalu lintaspun mulai melakukan patroli dengan menggunakan sepeda. Selain bersepeda itu sehat, nantinya juga untuk anak cucu kita juga karena kita mampu menjaga udara bebas dari polusi. (teguh-gsj/new)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province