Selasa, 14 Februari 2012

SMAN Pintar Bentuk Program Cinta Lingkungan

 ASRI: Gedung sekolah SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi yang sering di sebut kampus ini trlihat asri dengan kebersihan lingkungan yang sangat terjaga.
 
   GLOBAL Warming yang melanda dunia telah meresahkan berbagai segi kehidupan makhluk. Hal ini terlihat dengan bertambah panasnya cuaca dan suhu atmosfer bumi yang secara otomatis mempengaruhi berbagai sektor kehidupan makhluk yang ada di Bumi.

   Menyikapi hal tersebut, pihak sekolah SMAN Pintar Kabupaten Kuansing menggalakkan berbagai macam program cinta lingkungan dan penghijauan. Berawal dari program One Man One Tree yang dilaksanakan pada Juli 2011 lalu dengan tema SMAN Pintar Kabupaten Kuansing Peduli Lingkungan. Kemudian disusul dengan pembaharuan program One Man One Tree dengan tema  SMAN Pintar Memantapkan Green School yang dilaksanakan pada Desember 2011 lalu.

   Dan  kini hadir Kegiatan Cinta Lingkungan SMAN Pintar dengan Pembimbing Akademik (PA) sebagai komponen utamanya.  Terlepas dari tugas utamanya yaitu, membimbing anak didik dan anak
didik pun membantu tugas PA dalam bidang tertentu yang diharapkan dapat memajukan pendidikan dan mencerdaskan sisiwa siswi SMAN Pintar. Selain itu PA juga di harapkan mampu membentuk kepribadian berkarakter, berhawa positif dan kreatif dibarengi cinta akan lingkungan.

   “Dengan cinta kita bisa menumbuhkan rasa. Untuk itu, cintailah semua yang ada disekelilingmu dan pedulilah pada mereka,” Ujar Delfira Yusrila Dewi, Guru Bahasa Indonesia saat mengajar di kelas XII IPA 2.

   Setiap PA membimbing 8-9 siswa. Pembentukan PA ini dimaksimalkan dengan keikutsertaan dalam program cinta lingkungan. Selain mata pelajaran Muatan Lokal ( Mulok ) yang menitikberatkan penghijauan dan pelestarian alam sekitar.

   Kini setiap hari Sabtu, seminggu sekali PA berperan dalam program Cinta Lingkungan. Biasanya setiap PA beserta anak didiknya diberikan lokasi tertentu di sekitar sekolah, dan diberi kebebasan dalam melakukan penghijauan, serta pelestarian lingkungan.  

   “Untuk menyelamatkan dunia dari pengaruh Global Warming kita hanya membutuhkan kesadaran. Selebihnya hanya sebagai pemacu dalam melaksanakan penghijauan untuk dunia,”  Ucap Susanti siswi XII IPA 1 SMAN Pintar. (lia-gsj Kuansing/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province