Senin, 19 Maret 2012

Green Info: Panel Surya Hasilkan Air

    Air bersih menjadi polemik tersendiri di negeri ini. Berbagai cara pun sudah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Baru-baru ini diketahui bahwa panel surya pun bisa dimanfaatkan untuk memproses air bersih. Alat bernama F CUBED ini menghasilkan air berkualitas dengan mudah dan murah.

   Teknologi ini diperkenalkan pada rapat koordinasi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Kamis (15/3).Tujuannya untuk mencari solusi air bersih.

   Menurut Direktur Inovasi BPPT Ridwan Djamaludin, pemerintah Indonesia lewat BPPT, LIPI, Kemenkokesra bekerja sama dengan perusahaan Australia yang menemukan F CUBED.

   F CUBED keluar dari asumsi masyarakat tentang panel surya. Biasanya orang berpikir tenaga matahari diubah menjadi tenaga listrik dulu kemudian menjadi energi untuk proses pemurnian. Sementara F CUBED tanpa menggunakan listrik.

   Alat ini juga cukup sederhana, mudah diangkut, pemasangannya tak perlu listrik, dan bertahan hingga selama dua puluh tahun. Efisiensi panel surya rata-rata di atas 60 persen. Dikatakan Ridwan, dengan kemampuan tenaga surya, satu unit alat per tiga meter persegi mampu menghasilkan kurang lebih 15-20 liter air dan tidak menimbulkan biaya energi lain. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province