Senin, 12 Maret 2012

GSJee: Lidah Mertua, Tanaman Ramah Lingkungan

 LIDAH MERTUA: Tanaman hias lidah mertua  yang mudah ditemui di sekitar rumah ini ternyata kaya manfaat.
Namanya unik, lidah mertua. Merupakan tanaman hias yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini bermanfaat bagi udara di sekitar lingkungan. Lidah Mertua atau dalam bahasa ilmiah disebut Sansevieria trispasciata prain ternyata berguna pula bagi manusia. Tanaman tersebut bisa menyerap racun yang bertebaran di udara sekitarnya seperti bensin dan karbon dioksida juga asap rokok.

Lidah mertua cocok ditempatkan pada ruangan yang sering terdapat asap rokok atau memiliki tingkat polusi yang tinggi. Lidah mertua juga berguna apabila diletakkan di sudut dapur dan kamar mandi untuk mengurangi bau tidak sedap. Tanaman ini tergolong tanaman keluarga Liliaceae atau keluarga bawang-bawangan. 

Di Indonesia tanaman ini juga punya nama lain, diantaranya sering disebut Rajek Wesi, Ki Kolo, Nanas Belanda, Letah Bayawak dan sebagainya. Konon, dilihat berdasarkan bentuk daunnya yang memanjang ke atas dan berujung tajam inilah maka tanaman tersebut dinamai lidah mertua.

Namun, ada juga jenis lidah mertua yang berdaun pendek dan dinamai kuku bima. Lidah Mertua memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, sangat resisten terhadap polutan, serta mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok.

“Khasiat memukau yang dimiliki tanaman lidah mertua ini sangat berguna bagi lingkungan karena dapat menyerap polusi, debu dan gas berbahaya lain bagi lingkungan tanpa mengeluarkan gas CO2,” ucap Liza Despianti, Guru Kimia SMAN Pintar Kuansing.

Pada tiap helai daun-daunnya terdapat zat yang bernama Pregnane Glycoside, yaitu zat yang dapat menguraikan zat beracun menjadi senyawa organik, gula, dan asam amino. Zat beracun yang diurai, seperti karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, koloroform, dan triklorotilen. Penguraian tersebut akan menghasilkan udara bersih, segar, serta sehat.

Dengan demikian lidah mertua bisa dijadikan sebagai alternatif yang sesuai bagi para pencinta lingkungan untuk merawat dan membudidayakan tanaman ini karena selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi juga memiliki bentuk yang menawan dengan tektur warna menarik.(lia-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province