Sabtu, 16 Juni 2012

Bioversitas : Pemangsa yang Pendiam

Burung hantu adalah jenis burung ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung pemangsa bangkai (karnivora)yang lebih banyak beraktivitas di malam hari (nokturnal). Di dunia, setidaknya ada sekitar 222 spesies. Salah satu kawasan yang paling banyak di huni burung hantu adalah Indonesia. Selain dikarenakan masih banyaknya tempat berlindung burung predator ini, juga dikarenakan masih cukup banyak mangsa yang bisa menjadi rantai makanan yang tak pernah putus bagi burung ini.
    Di barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pertanda maut, sehingga disebut burung hantu. Sekilas memperhatikan burung ini, memang membuat bulu roma merinding, selain matanya yang bulat besar serta tajam menusuk, burung ini juga mempunyai paruh dam kuku kaki yang tajam  dan leher yang juga lentur.
  Di Riau, karnivora terbang ini juga banyak dimanfaatkan oleh pekebun untuk mengusir atau membunuh binatang perusak hasil pertanian dan pekebunan seperti tikus, serangga. Bahkan, keberadaannya dikembang biakkan. Hal tersebut memungkinkan karena burung hantu tidak sulit mencari tempat berlindung, yakni diatas pepohonan rimbun dan tertutup.(bud/int/wik)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province