Sabtu, 16 Juni 2012

CFD Tanpa Sampah dan Rokok

Car Free Day (CFD) telah menjadi bagian rutinitas akhir pekan di Kota Pekanbaru. Car Free Day juga merupakan bentuk sosialisasi kepada  masyarakat untuk menurunkan ketergantungan menggunakan kendaraan bermotor.  Dan tindakan ini  adalah  bagian dari  wujud peduli akan lingkungan, yakni menurunkan emisi gas buang kendaraan bermotor, hemat bahan bakar.
    Mereka yang datang ke arena  Car Free Day umumnya menggunakan sepeda atau berjalan kaki atau berlari kecil sambil bercengkrama sesama teman  atau keluarga. Tidak hanya itu, kegiatan  Car Free Day  sebagian besar adalah kegiatan olahraga yang menyehatkan.
Namun, fenomena yang kurang baik yang juga ditemui ditengah Car Free Day  ini adalah membuang sampah sembarangan sehingga membuat jalanan penuh dengan sampah ketika jam Car Free Day usai. Pengunjung Car Free Day merokok sembarangan sehingga mengurangi kenyamanan, karena asapnya mengganggu pengguna kawasan lainnya juga menghasilkan sampah.  Hal ini perlu disadari karena sebagai pengguna Car Free Day yang peduli akan lingkungan seharusnya tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan wujud kepedulian tersebut.
    Green Student Journalists sebagai bagian dari generasi peduli lingkungan, sebagaimana disampaikan Ketuanya, Teguh Asrin  selalu memanfaatkan  momen Car Free Day sebagai bagian dari kegiatan  mensosialisasikan, mengamati berkumpul  membahas fenomena lingkungan yang mudah  amati.
    Dengan menjaga hal sederhana seperti membuang  sampah pada tempatnya, tidak  merokok, mensosialisasikan  lingkungan  di tengah Car Free Day. Teguh menyebutkan Car Free Dayharusnya terjaga dari kegiatan merokok atau membuang sampah sembarangan. (melati-gsj/dac)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province