Jumat, 27 Juli 2012

Sabun Biji Lengkeng Ramah Lingkungan

LENGKENG: Biji buah Lengkeng bisa diolah menjadi sabun biji Lengkeng Ramah Lingkungan
Lengkeng yang biasa disebut kelengkeng, mata kucing, atau longan memiliki sejuta manfaat baik dari buah, batang dan bijinya. Pohon dari buah ini dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat. Tidak hanya itu, buah yang memiliki nama latin Dimocarpus longan, sangat disukai karena rasanya yang manis. SMA Negeri 1 Pekanbaru kembali menemukan inovasi unik dari buah yang satu ini. Biji lengkeng yang umumnya terbuang sia-sia dapat dimanfaatkan menjadi sabun cuci yang ramah lingkungan. Ide ini ditemukan oleh Ridho salah seorang siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru yang merupakan anggota dari Eskul KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) dan saat ini sedang melanjutkan studinya di Singapore.
Dahulu, biji lengkeng merupakan bahan yang diigunakan untuk mencuci rambut karena ia mengandung saponin yang bersifat membersihkan. Ia menformulasikan bahan-bahan seperti lemak yang dicairkan, biji kelengkeng yang dihaluskan, kristal khusus , dan minyak serai serta bahan lainnya. “Karya ini sangat bagus dan menarik dan unik,  Sayangnya baunya yang menyengat mengurangi citra karya ini,” ujar juri panjang lebar saat kompetisi Bio Expo Competition.
Hasil karyanya ini telah berhasil menjadi finalis pada ajang karya ilmiah tingkat Nasional dan juga kembali dipamerkan pada ajang Bio Expo Competition menjadi karya Runner-Up pada kompetisi beberapa pekan lalu itu .Untuk saat ini, Sabun biji lengkeng hanya dapat digunakan untuk mencuci piring dan baju dikarenakan mengandung bahan yang cocok seperti detergen pada umumnya. Sabun ini sangat ramah lingkungan karena tidak mencemari air dan terbuat dari bahan organik.(melati-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province