Senin, 06 Agustus 2012

Ikan Selais, Maskot Cita Rasa Daerah

KAN SELAIS: Ikan Selais telah dinobatkan sebagai  maskot Kota Pekanbaru lewat tugu yang terletak di jalan Sudirman. Ikan ini bisa ditemukan di hampir semua wilayah Riau.
IKAN  Slays atau Selais (Kryptopterus macrocephalus, Kryptopterus lais) telah dinobatkan sebagai  maskot Kota Pekanbaru. Keberadaan ikan ini ternyata hampir merata hanya di wilayah Provinsi Riau. Nilai ekonomi tinggi menjadikan ikan ini selalu incaran para nelayan untuk dijual.
Kawasan Giam Siak Kecil Bukit Batu memiliki 30 jenis ikan tersebar di aliran sungai dan tasik salah satunya adalah ikan ini. Danau kecil yang ada di hutan rawa gambut itu, memberikan keleluasanpengembangan ikan selais lebih terjaga dan terkendali. Bentuk tubuhnya memanjang dan pipih dengan kepala berbentuk  kerucut, tidak bersisik terlihat unik dan elegan.
Warnanya hijau keabu-abuan dan memiliki mulut yang lebar  terletak di ujung kepala. Cita rasa yang lezat dan digemari semua orang menjadikan ikan ini sangat spesial. Populasinya yang semakin berkurang di perairan alami.
Menyebabkan ikan ini sulit ditemukan. Hal ini diakibatkan penangkapan ikan yang dilakukan terus menerus, sementara ekosistem habitatnya terganggu. Dengan membudidayakannya merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan produksi perikanan dimasa mendatang. Cagar biosfer Giam Siak Kecil- Bukit Batu adalah kawasan yang dibentuk untuk melestarikan dan membudidayakan sehingga ikan ini tetap menjadi maskot cita rasa daerah  Provinsi Riau.(melati-gsj/dac)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province