Senin, 27 Agustus 2012

Lebaran, Pasukan Kuning Tetap Bergerak

BERTUGAS: Meski dalam suasana idul Fitri, petugas kebersihan tetap menjalankan tugasnya membersihkan sampah yang berserakan. (Ft. Fadlan GSJ)

KETIKA umat muslim berhari raya Idul Fitri, petuga kebersihan yang dikenal dengan sebutan pasukan kuning tetap menjalankan tugasnya. Senin (20/8), hari raya Idul Fitri atau lebaran menjadi salah satu libur besar bagi setiap kaum muslimin dan muslimat di seluruh belahan dunia.
Pada umumnya seluruh pekerja di liburkan dari segala aktivitas. Namun tidak untuk petugas kebersihan Pemerintah Kota Pekanbaru yang tergabung dalam Dinas Kebersihan Pertanaman dan Pemakaman (DKPP) Pekanbaru. Para pekerja yang sering disebut sebagai pasukan kuning ini tetap bekerja membersihkan, menyapu, dan memungut setiap sampah yang teronggok di setiap sudut jalan Kota Bertuah.
Masyarakat justru menyambut baik langkah yang dilakukan oleh DKPP ini. Seperti yang diungkapkan salah satu warga yang melintas “Jangan seperti tahun lalu seusai salat Ied sampah bertumpuk dimana-mana, justru menganggu kenyamanan kita dan warga lain yang lewat”. Pada hari raya lebaran tahun ini DKPP tetap bersiaga dengan sejumlah pekerja harian lapangan atau pasukan kuning tetap untuk membersihkan, mangangkut sampah kota. Dan ini bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan volume  sampah yang berlebihan, terutama di jalan-jalan protokol. 
“Para petugas seperti kita ini yang beragama muslim hanya istirahat, pada salat Ied , tapi setelah itu kita akan kembali bekerja,” ujar Misrun salah satu petugas kebersihan ini.
Para petugas tidak  keberatan ketika  diberi tugas bekerja dalam waktu liburan. Bahkan mereka senang karena bisa mengurangi sampah terutama demi kenyamanan seluruh warga kota Pekanbaru. (fadhlan-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province