Kamis, 13 September 2012

Chooper C-515 Mesin Pencacah Multifungsi

MESIN PENCACAH: Sofyan sedang memperagakan mesin pencacah digunakan untuk membuat kompos. (Ft.Teguh_GSJ)
MASALAH yang sampai saat ini tak kunjung selesai adalah masalah sampah. Tidak ditengah perkotaan, pinggir desa maupun di daerah pertanian dan perkebunan sekalipun.  Menyikapi persoalan itu, CV Sispra Jaya mempunyai terobosan dengan membuat mesin pencacah yang bisa digunakan untuk membuat kompos.
Namun ternyata mesin itu bukan hanya bisa digunakan untuk  itu, saja tapi juga bisa digunakan untuk membuat makanan ternak. Mesin yang dinamakan Chooper C-515 ini dirancang khusus untuk  digunakan  di perkebunan kelapa sawit.  Agar daun-daun kelapa sawit yang telah dipotong tidak menjadi sampah. Daun-daun itu bisa diolah dengan mesin pencacah sehingga bisa menjadi pakan ternak sapi.
Nah pembuatan Chooper C-515, bertujuan untuk menguntungkan petani. Karena dengan diolahnya daun-daun tadi dan menjadi pakan ternak maka dapat mengurangi sampah sekaligus menanggulangi pakan ternak yang biasanya harus dibeli atau dicari lagi secara khusus.
“Jadi para petani tidak perlu lagi mencari rumput untuk pakan ternak, sehingga waktu yang digunakan lebih efisien,” ujar Manager CV  Sispra Jaya, Sofyan.
Selain menajdi pakan ternak limbah kelapa sawit bisa diolah menjadi kompos dengan mesin pencacah tersebut.
Saat ini Chooper C-515 ini tidak diproduksi secara missal. Dan baru melayani pembelian via pesanan. Mesin dengan bahan bakar solar ini dibandrol harga sekitar 18 juta.
“Saat ini konsumennya sudah cukup banyak, meliputi Duri, Sorek, Tembilahan, serta Pasir Pengaraian, yang jelas untuk wilayah Riau sudah banyak yang tahu mengenai mesin ini, hanya saja bagi yang berminat bisa langsung ke pusat pembuatan mesin di Kulim karena kami menjual mesin ini via pesanan,” lanjut Sofyan. (asrul-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province