Senin, 24 September 2012

Selamatkan Ozon dengan Inovasi

DALAM rangka memperingati hari Ozon Internasional yang jatuh tanggal 16 September tiap tahunnya, SMAN 1 Pekanbaru mengadakan berbagai macam perlombaan. Diataranya adalah lomba membuat poster lingkungan, lomba esai ilmiah tentang ozon dan keterampilan daur ulang. Kegiatan yang dilaksanakan di aula, Sabtu (15/9) itu di ikuti oleh setiap perwakilan kelas.
Kegiatan kali ini mengangkat tema “Selamatkan Ozon” dengan aksi inovasi ini mendapat sambutan yang antusias dari para siswa terbukti sekitar 40 orang yang berasal dari perwakilan kelas mengikuti perlombaan-perlombaan tersebut.
Setiap peserta diberi waktu dua jam untuk mengerjakan karyanya. Khusus untuk lomba daur ulang peserta terdiri dari tim yang berjumlah tiga orang. Tujuan diperingatinya hari ozon ini, menurut Milda Safitri guru pembimbing K3 adalah agar para siswa lebih peduli terhadap lingkungan.
“Selain itu kegiatan ini menuntut siswa agar lebih kreatif dalam membuat inovasi di bidang lingkungan,”ujarnya.
Dalam perlombaan tersebut yang dinilai adalah kesesuaian tema, estetika dan untuk lomba daur ulang nilai guna dan bahan dasar yang tidak dibeli menjadi prioritas.
Sebagai Sekolah Adiwiyata, SMAN 1 Pekanbaru saat ini sedang berupaya untuk terus fokus terhadap permasalahan lingkungan diantaranya adalah dengan memperingati hari-hari lingkungan nasional maupun internasional.
“Intinya jika kita kembali ke alam, maka ozon bisa terselamatkan,” kata Milda.
Melalui lomba-lomba tersebut siswa dituntut untuk langsung mengaplikasikan rasa kepedulian terhadap lingkungan, lomba daur ulang sampah misalnya, dengan kegiatan tersebut maka sampah-sampah yang ada disekitar sekolah dan tempat tinggal dapat dimanfaatkan kembali.
“Cinta terhadap lingkungan itu bukan hanya sekedar omongan, tetapi juga harus ada apliaksinya, melalui lomba essai misalnya siswa dapat menyebarluaskan pemikirannya tentang lingkungan terhadap siswa lain melalui tulisan,” sambung Tama Ketua Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Pekanbaru. (asrul-gsj/dac)



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province