Senin, 15 Oktober 2012

10 Sungai Paling Tercemar di Dunia

Masyarakat Indonesia boleh mulai was-was dengan kondisi sungainya. Sebuah penelitian berikut mengindikasikan bahwa banyak sungai di Indonesia yang sudah tercemar dan rusak berat karena perlakuan yang tidak arif dari manusia.
Sungai yang seharusnya memegang peranan penting bagi makhluk hidup kini menjadi ladang sampah dan tumpahan limbah. Berikut hasil penelitian sejumlah pihak tentang dimana saja sungai-sungai paling tercemar di dunia tersebut.
1. Sungai Citarum - Indonesia
Sungai ini digambarkan sebagai kolam sampah terbesar di dunia. Karena memang faktanya, di sini, sampah seperti menutupi hampir sebagian besar badan sungai.
Ironisnya, Sungai Citarum sendiri memegang peranan besar untuk akhivitas hidup manusia maupun makhluk hidup di sekitarnya. Air sungai ini digunakan untuk mandi dan cuci, juga untuk menyirami areal pertanian warga.
Sebagai upaya pemulihan, saat ini, Asian Development Bank telah menyetujui pinjaman sebesar 500 juta dolar AS untuk  penyegaran dan pembersihan sungai Citarum yang mati agar pulih kembali.
2. Sungai
Yamuna - India
Sungai Yamuna merupakan anak sungai terbesar dari Sungai Gangga. Sungai ini menjadi salah satu sungai paling tercemar di dunia karena 58 persen limbah dari ibukota India, New Delhi dibuang ke sungai tersebut.
Walau sudah cukup besar dana yang digelontorkan untuk membrsihkan aliran sungai ini, tapi tetap saja sungai ini seperti kubangan sampah di negeri bolliwood ini.
3. Sungai Buriganga - Bangladesh
Sungai Buriganga adalah sungai besar yang mengalir membelah kota Dhaka, ibukota Bangladesh. Sungai ini dianggap mati karena tak berfungsi lagi, Secara biologis kerusakan akibat pencemaran nya mencapai 80 persen dan itu mengalir ke sungai lain.Polythenes menjadi salah satu unsur pencemar yang banyak terdapat di bawah permukaan airnya.
4. Sungai Kuning dari Lanzhou - Cina
Jangan pikir Cina tak bingung dengan persoalan kebersihan sungai. Karena buktinya,  Sungai Kuning uang merupakan sungai terpanjang kedua di Cina dan menjadi sumber air utama untuk jutaan masyarakat di Cina bagian utara  ikut tercemar parah.
Kondisi sungai berhulu Lanzhou ini sangat buruk. Air di dalam sungai Kuning  tercemar oleh tumpahan minyak dari limbah industri.
5. Sungai Marilao - Philipina
Anda dapat dengan mudah menemukan pembungkus plastik, sandal karet, batang pohon pisang dan bangkai hewan yang sudah membusuk di sungai ini.Bahkan, itu dianggap sebagai salah satu hal lumrah saja di sana.
Air sungai Marilao digambarkan mengandung banyak bahan kimia yang beracun seperti kromium, tembaga kadmium, dan arsen yang membuat air sangat berbahaya.
Meskipun pemerintah Philipina telah melakukan kampanye dan denda yang cukup besar, tetapi masih saja masyarakat tidak tanggap dan tetap membuang sampah rumah tangga mereka, begitupun dengan pabrik-pabrik yang membuang limbah cair ke sungai sehingga mengakibatkan air sangat tercemar.
6. Sungai Gangga - India
Sungai Gangga adalah sungai yang dianggap paling suci bagi umat Hindu yang berasal dari gletser Gangotri. Diperkirakan tak kurang dari 2.000.000 orang melakukan ritual ke-agamaan, mencuci dan mandi secara bersamaan di sungai tersebut. Namun, tahukah anda, karena padatnya aktivitas seperti itu, sungai ini kini dinilai mulai terkontaminasi racun berbahaya.
7. Sungai
Songhua - China
Sungai Songhua terletak di Timur Laut Cina, sungai ini adalah anak sungai terbesar di sana, Sungai Heilong. Tahun 2005, sungai itu terkontaminasi benzena yang kemudian mengalir hingga ke pusat pemasok air di Harbin.
8. Sungai
Mississippi - USA
Amerika juga tak kalah pusing oleh maslah pencemaran sungai. Walau sudah mengenal teknologi modern untuk pembersih sungai, tapi tetap saja unsur pencemar terdapat di sana, padahal, sungai ini mengitari tak kurang dari 40 persen luas wilayah Amerika. Trmasuk salah satunya, pusat lahan pertanian dan membawa polusi sekitar 1,5 juta ton metrik nitrogen ke Teluk Meksiko setiap tahun nya.
9. Sungai Sarno - Italia
Bila sungai-sungai di Venesia terkenal karena keindahan dan eksotismenya, namun, di Italia, juga ada sungai yang kondisinya juga tercemar, salah satunya Sungai Sarno.
Sungai Sarno dianggap sebagai sungai dengan pencemaran air paling tinggi di Eropa. Aliran nya melewati Pompeii yang terletak di selatan kota Naples.
Penelitian memperkirakan zat pencemar diduga berasal dari limbah pertanian dan industri dalam skala yang sangat besar yang dibuang dalam kondisi ambang batas berbahaya.
10. The King River - Australia
Australia juga dikenal sebagai negeri eksotis dengan pelabuhan laut seperti Kota Perth yang menawan. Namun, di negeri kangguru ini, ada juga sungai yang mengalami tingkat pencemaran mengkhawatirkan, salah satunya The King River yang  mengandung zat asam dikarenakan aktifitas penambangan.Tak kurang dari 1,5 juta ton tailing sulfidik meracuni sungai sejak 1995 dengan total lebih dari 100 juta ton sampai dengan saat ini.(int/bud)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province