Rabu, 07 November 2012

SMAN 1 Pekanbaru Menangkan LKTI di Unand

PARA siswa SMAN 1 Pekanbaru kembali mengharumkan nama sekolahnya. Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dilangsungkan 14-19 Oktober lalu, SMAN 1 Pekanbaru meraih Juara I di Pekan Konstitusi yang ditaja oleh Universitas Andalas.
Tim yang memenangkan LKTI SMAN 1 Pekanbaru yang meraih tersebut terdiri dari Delvi Yolanda, Geo Gifaj dan Sigit Arismunandar. Tim LKTI SMAN 1 Pekanbaru ini berhasil menjadi juara I dengan karya tulis dengan judul “Memaksimalkan Polisi Hutan Sesuai dengan Hukum dan Konstitusi dalam Menanggulangi Ilegal Logging di Provinsi Riau”.
Meskipun tema besarnya adalah Hukum dan Konstitusi namun, para siswa SMAN 1 Pekanbaru ini cukup kreatif dengan menggabungkan masalah konstitusi dan hukum dengan permasalahan lingkungan.
“Kami berupaya menghubungkan keduanya, dan ternyata setelah kami banyak membaca informasi dari internet, maupun buku-buku, permasalahn hukum itu sangat luas, termasuk hukum tentang lingkungan,” ujar Delvi, salah satu tim LKTI.
Selain itu menurut Delvi, SMAN 1 Pekanbaru merupakan sekolah dengan profil lingkungan, sehingga membuat karya tulis dengan mengangkat tema-tema lingkungan sudah seperti menjadi kewajiban bagi mereka.
Dalam karya tulisnya, Delvi dan teman-teman mencoba menjelaskan tentang peranan polisi hutan yang merupakan garda terdepan dalam penjagaan lingkungan. Diantaranya adalah dengan melakukan patroli, melakukan pemberdayaan masyarakat serta sosialisasi seperti penyuluhan atau seminar tentang perlunya penjagaan hutan.
“Polisi hutan di Riau ini masih minim, semoga pemerintah menambah anggota pasukan polhut ini agar tidak terjadi illegal loging atau perambahan hutan lagi,” tutur Sigit
Dengan karya tulis tersebut Sigit dan timnya berharap masyarakat serta polhut dapat bekerjasama secara maksimal dalam penjagaan hutan sehingga meminimalisir perambahan hutan yang kadang kala dilakukan oleh masyarakat untuk dijadikan kebun sawit atau lahan pertanian. (asrul-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province