Sabtu, 15 Desember 2012

Eukaliptus, Pohon Sejuta Manfaat




    EUKALIPTUS, yang mempunyai beragam jenis ini merupakan tanaman sejuta manfaat. Tanaman penghuni Cagar Biosfer Giam Siak Kecil bukit batu ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang dikelola oleh salah satu perusahaan besar di Riau.
    Spesies ini tersebar luas diseluruh dunia dan tercatat  lebih dari 700 spesies Eukaliptus, kebanyakan asli dari Australia, dengan beberapa dapat ditemukan di Papua Nugini dan Indonesia dan juga Filipina.
    Tanaman yang menjadi kegemaran Koala ini, memiliki minyak esensial yang terdapat di daun Eukaliptus mengandung senyawa yang merupakan disinfektan alami yang kuat dan dapat menjadi racun dalam jumlah banyak namun toleran dengan koala dan sejenis marsupial lainnya.
    Eukaliptus memiliki banyak kegunaan yang membuat mereka menjadi pohon sejuta manfaat. Mungkin jenis Karri dan Eucalyptus Melliodora merupakan jenis yang paling terkenal. Dikarenakan mereka cepat tumbuh dan kegunaan dari kayunya. Kayunya dapat digunakan sebagai hiasan, timber, kayu bakar, dan kayu pulp.
    Eukaliptus menyerap banyak air dari tanah melalui proses transpirasi. Mereka ditanam di banyak tempat untuk mengurangi water table dan mengurangi salinasi tanah.
    Minyak Eukaliptus siap didistilasi kukus dari daunnya dan dapat digunakan sebagai pembersih, pewangi, dan dalam jumlah kecil dalam suplemen makanan, terutama permen. Minyak Eukaliptus juga memiki sifat menolak serangga, dan telah digunakan sebagai bahan dari penolak nyamuk komersial.
    Menurut beberapa informasi, Eukaliptus sudah dikembangkan menjadi salah satu spesies penting dalam hutan tanaman industri hampir di 90 negara. Maka dari itu, dikembangkan budidaya pohon sejuta manfaat ini agar selalu dirasakan manfaatnya. Dan tentunya turut serta dalam melestarikan makanan favorit koala. Salah satu spesies marsupial yang terancam punah.(melati-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province