Kamis, 14 Februari 2013

Film Animasi Lingkungan yang Edukatif



SALAH satu karya anak bangsa yang patut dipuji, yaitu sebuah karya film animasi bertajuk lingkungan. Bertempat di gedung Indonesia Mengungat Kota Bandung, Jumat ( 28/12) jalan Perintis Kemerdekaan no 5. Diadakan peluncuran Film animasi yang berjudul “Petualangan Banyu dan Elektra Menyalakan Kota"
Film animasi bertajuk lingkungan ini digagas oleh Komunitas Sahabata Kota dan Greeneration Indonesia, sebuah komunitas yang ada di kota Bandung.
Film yang ditujukan untuk anak usia 8-12 tahun ini, bertemakan mengenai energi khusunya listrik dan memberikan pesan bagaimana cara melakukan penghematan energi dan mengunakan energi dengan bijak sehingga tidak terbuang dengan percuma.
"Film ini memang ditujukan untuk anak-anak, karena merekalah yang akan melanjutkan kehidupan," ungkap Shelly Asmauliyah Koordinator dari program Petualangan Banyu.
Tema energi yang diangkat dalam film ini tentunya sangat bermanfaat sekali untuk pengetahuan publik khususnya anak dibawah umur. Sebab selain isu lingkungan global warming, climate of change, efek rumah kaca, pemborosan energi adalah satu satu hal yang ramai dibicarakan belakangan ini.
Menurutnya, film ini pasti berpengaruh dan cara menginformasikan isu lingkungan kepada anak-anak tidak musti kompleks, tetapi sedikit demi sedikit.
Film yang edukatif ini mendapat sambutan yang luar biasa, hal ini terlihat dari antusias peserta saat peluncuran film yang dihadiri dari berbagai latar belakang seperti guru sekolah dasar, ibu rumah tangga dan juga dihadiri oleh WWF.
Kandi Sekarwulan yang merupakan Koordinator Komunitas Sahabat Kota mengatakan, film animasi Petualangan Banyu dan Elektra menyalakan kota ini merupakan edisi ketiga setelah petualangan banyu di negeri sampah 2011 dan petualangan banyu bersama titik air 2009.
Selain film ini, Komunitas Sahabat Kota juga membuat modul edukatif yang sesuai dengan misi mereka, yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang anak dalam konteks lingkungan kota dengan cara meluncurkan paket modul edukasi untuk memahami isu  energi yang dapat digunakan sebagai media pendidikan disekolah maupun luar sekolah.
Dan untuk mempromosikan film ini mereka juga akan melakukan roadshow ke 10 sekolah yang ada di Kota Jakarta dan Bandung. Tentunya, cara-caar kreatif dan inovatif seperti ini dapat dijadikan contoh dan cara yang sangat menarik untuk memberikan pengetahuan dan penjelasan kepada anak dibawah umur mengenai masalah lingkungan yang memang cukup berat untuk dipahami dan mereka mengerti, tetapi dengan adanya film  animasi seperti ini mereka akan mendapatkan gambaran terhadap masalah lingkungan yang sedang dihadapi dunia.
Terus sayangi lingkungan dan hemat pengunaan energi, demi kelangsungan anak cucu dimasa depan. (edo janfien-GSJ/dac)




Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province